Papuaekspose, – Dinas Ketahanan Pangan Mimika menyalurkan bantuan bahan makanan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) kepada warga 5 kampung di Distrik Mimika Tengah, Kamis 14 September 2023.

Kelima kampung/desa itu yakni, Kampung Atuka, Kampung Kamora, Kampung Aikawapuka, Kampung Kekwa, dan Kampung Timika Pantai.

Sembako itu di khususkan bagi masyarakat Orang Papua Asli (OAP) setempat yang terprogram di Dinas Tanaman Pangan yakni Program Cadangan Pangan.

Adapun komoditi yang disalurkan kepada 5 kampung itu berupa 20.000 kg beras, 1.250 kg terigu, 1000 kg gula pasir, 1.500 bungkus tepung, 1.125 susu kaleng, 1000 liter minyak goreng, dan 880 rak telur ayam.

Program cadangan pangan adalah bantuan tahunan dan program unggulan yang bersumber dari dana otonomi khusus (OTSUS).

“Program ini juga sebagai upaya Pemerintah Daerah khususnya Dinas Ketahanan Pangan Mimika dalam meringankan beban masyarakat khusus warga pribumi Papua,” kata Pelaksana Teknis Kegiatan Ketahanan Pangan Mimika, Benyamin Tebai kepada Papuaekspose.com, Kamis (14/9).

Dalam tahun 2023 ini kata Benyamin, Dinas Ketahanan Pangan Mimika telah menjalankan program cadangan pangan dengan mendistribusikan ribuan bantuan bahan makanan menyasar ke 2 distrik di wilayah pesisir Kabupaten Mimika yakni Distrik Agimuga dan Distrik Mimika Tengah.