Papuaekspose.com, – Puluhan massa menggeruduk dan melakukan aksi demontrasi di Kantor KPU Provinsi Papua Tengah di Nabire Jumat, (27/10/2023). Dalam tuntutannya, massa meminta untuk KPU membatalkan uji kelayakan pada tahapan seleksi calon Komisioner KPU Kabupaten Puncak. Sebab, beberapa diantaranya masih berstatus sebagai anggota Partai Politik (Parpol) aktif.

Koordinator aksi demontrasi, Yuben Tabuni kepada wartawan mengatakan, aksi damai terpaksa dilakukan karena KPU RI belum menanggapi laporan pengaduan yang dilayangkan terkait sejumlah anggota partai politik aktif yang diloloskan sebagai anggota  KPU Kabupaten Puncak.

“Sampai sekarang (laporan aduan) belum ada tanggapan balik KPU RI. Padahal, sudah jelas pengurus Partai aktif tidak bisa ikut tes dan diloloskan. Jelas melanggar undang-undang dan PKPU tapi nyatanya mereka bisa lolos dan sampai saat ini malah diakomodir,” sesal Yuben.

PSX 20231028 140722

”MTQ

Selaku Ketua Koordinator, Yuben mengancam, mereka akan kembali gelar aksi demo dengan tuntutan yang sama dan melibatkan jumlah massa yang lebih besar andai laporan dan aksi hari ini belum juga ada tanggapan.