Papuaekspose.com, – Masjid Al-Ikhlas di Kampung Limau Asri Timur, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua Tengah saat ini tengah dibangun baru guna menggantikan bangunan induk yang telah berdiri sejak tahun 1992.

Imam Masjid Al-Ikhlas, Ust. Mahfud Anam, kepada media ini menyatakan, Masjid Al-Ikhlas merupakan masjid bersejarah di Distrik Iwaka dan perlu dukungan dalam pembangunannya.

“Karena Masjid Al-Ikhlas ini satu satunya yang terletak di kampung limau asri distrik Iwaka sejak tahun 1992,” kata Ustadz Mahfud di Masjid Al-Ikhlas Selasa (28/3/2023).

Hingga kini tercatat, jamaah shalat berjamaah di masjid tersebut berkisar lebih dari enam ratus orang.

“Masjid Al-Ikhlas ini bersejarah karena dibangun sejak tahun 1992. Sedangkan mimika dimekarkan sebagai kabupaten baru pada oktober 1996,” ujarnya.

IMG 20230328 WA0067
Bangunan Baru Masjid Al-Ikhlas

Menyinggung soal toleransi di wilayah setempat, Imam Masjid Al-Ikhlas meyakinkan, kerukunan dan toleransi umat beragama di wilayah itu sangat baik.

“Alhamdulillah, kehidupan sosial antar umat beragama di kampung Limau Asri ini sangat baik dan aman. Ini menandakan toleransi yang begitu tinggi,” ujarnya.

Ia menyontohkan, berbagai program di daerah itu selalu digelar dengan melibatkan warga setempat tanpa pandang bulu termasuk agama maupun golongan.

“Contohnya hari-hari besar keagamaan selalu terjalin silahturahmi, kita saling berkunjung dan saling support,” terangnya.

Ustad Mahfud menambahkan, bangunan baru Masjid Al-Ikhlas itu dilakukan peletakan batu pertama pada tahun 2022 lalu.

Ia menyatakan, dalam pembangunannya pihak panitia masih membuka donasi amal jariyah untuk menuntaskan pembangunan masjid itu.

“Yang pasti kami masih membutuhkan uluran tangan guna menyelesaikan pembangunan masjid bersejarah ini,” tandasnya.