Papuaekspose.com, – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika Selasa (28/3/2023) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggung Jawaban bagi bendahara dan calon bendahara pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun anggaran 2023.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Pj. Sekda Mimika, Petrus Yumte dan berlangsung selama 4 hari di Salah Satu Hotel di jalan Cenderawasih, Timika, Papua Tengah.

Sebanyak 170 peserta turut hadir berasal dari bendahara pengeluaran, bendahara penerimaan, dan calon bendahara yang diusulkan dari Organisasi Perangkat Daerah.

Pj Sekda Mimika, Petrus Yumte dalam sambutannya menjelaskan, Bimtek itu guna meningkatkan pemahaman pejabat penatausahaan, keuangan, dan bendahara pada OPD dalam hal pengelolaan anggaran sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kegiatan ini supaya meningkatkan pemahaman para bendahara dan calon bendahara tentang pengelolaan keuangan daerah. Kemudian menghadirkan bendahara yang berintegritas agar bisa memenuhi syarat dan kualifikasi yang telah ditetapkan,” kata Yumte.

Maksud dari pengelola keuangan daerah adalah mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pertanggungjawaban hingga pengawasan keuangan daerah itu sendiri.

“Manfaat kegiatan ini juga mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, partisipatif, akuntabel, tertib, dan disiplin anggaran. Hasil bimtek ini nanti diimplementasikan di OPD masing-masing,” tandasnya.