Papuaekspose.com – Buntut omon-omon Prabowo sebut Presiden Soekarno memakai alutsista bekas pada masa pembebasan Irian Barat/Papua Barat pada debat Capres ketiga. Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto meluruskan jika data yang disampaikan dalam debat pada Minggu (7/1/2024) lalu itu keliru.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto pun mendesak capres nomor urut 2, Prabowo Subianto meminta maaf. “Kami ingin meluruskan pernyataan Pak Prabowo. Sepertinya keliru, pada masa Bung Karno menggunakan peralatan bekas. Itu konteksnya berbeda. Banyak peralatan baru yang dipakai oleh Bung Karno guna pembebasan Irian Barat/Papua Barat,” kata Hasto, Senin (8/1/2024).

“Seperti peralatan dari Yugoslavia. Bahkan dari yang sebagian dipakai untuk pembebasan Aljazair, bangsa-bangsa Islam banyak merdeka karena campur tangan kepemimpinan Bung Karno,” imbuh dia.

Selain itu, Hasto menyebut Bung Karno mendapat pesawat Hercules C130 dari Presiden Amerika Serikan Kennedy dan itu dianggap alutsista baru.

”MTQ

“Sehingga Pak Prabowo sebagai Menhan sayangnya tidak memahami bagaimana postur angkatan perang kita saat itu,” ucap Hasto.

Hasto mengklaim pada era Bung Karno saat itu, alutsista Indonesia merupakan kekuatan angkatan perang terkuat di belahan bumi selatan.