Papuaekspose, – Bupati Mimika DR Eltinus Omaleng SE,MH langsung tancap gas usai diaktifkan Mendagri Tito Karnavian dengan melantik Kepala Dinas PUPR Mimika Dominggus Robert Mayaut sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Mimika menggantikan Petrus Yumte.

Bupati Eltinus juga melakukan perombakan kabinetnya dengan melantik beberapa Kepala OPD di lingkup Pemkab Mimika. Pengambilan sumpah dan janji jabatan berlangsung Senin (4/9/2023) di Pendopo Rumah Negara (SP-III) Mimika Papua Tengah.

Eltinus mengembalikan tiga Kepala OPD yang sebelumnya dicopot dari jabatan mereka pada Oktober 2022 lalu.

Pengembalian jabatan itu merujuk pada surat Kementerian Dalam Negeri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dimana pencopotan ketiga Kepala OPD itu disebut menyalahi aturan.

”MTQ

Mereka diantaranya, Jania Basir Rantedanun sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Jeni Ohestina Usmany sebagai Kepala Dinas Pendidikan, dan Ida Wahyuni kembali menjabat Kepala Dinas Perhubungan Mimika.

Sementara, Marthen Malissa yang sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah berpindah posisi sebagai Kepala Dinas Sosial.

Willem Naa yang sebelumnya menjabat Plt Dinas Pendidikan dan Nella Manggara sebagai Kepala Dinas Perhubungan Mimika dinonjobkan dari jabatan mereka masing-masing.

Bupati Eltinus dalam sambutannya berharap Pejabat yang baru dilantik itu senantiasa mempertahankan integritas, kualitas, disiplin serta komitmennya dalam tugas dan tanggung jawab.

Para pejabat juga dituntut inovatif dan transformatif serta kreativitas dalam melakukan terobosannya demi pembangunan Kabupaten Mimika.

“Semua program segera dieksekusi secara maksimal guna mewujudkan Kabupaten Mimika yang aman, nyaman, cerdas dan sejahtera. Saya ucapkan terimakasih kepada pejabat yang sudah bekerja dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab,” kata Bupati dalam sambutannya.

Eltinus menyebut, pelantikan itu merupakan langkah awal dalam menata birokrasi di lingkup Pemkab Mimika yang dinilai amburadul dalam waktu setahun belakangan.

Eltinus juga memerintahkan Plt Sekda untuk menyiapkan panitia seleksi bagi jabatan eselon II, eselon III dan eselon IV.