Papuaekspose.com – Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PUPR RI wilayah Papua menyambangi Timika guna meninjau sungai di pinggir Kota Timika lebih khusus pada wilayah Kelurahan Sempan dan Kampung Nawaripi untuk dinormalisasi pada Selasa (23/1/2024).

Salah satu yang mereka temui yakni Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun di Sanggar Seni dan Musik Nawaripi.

Pimpinan rombongan BWS Papua, Anton pada kesempatan itu menuturkan, pihaknya datang ke Timika karena ada program dari pusat mengenai normalisasi kali di Sempan Nawaripi. Tujuannya untuk melihat sendiri dan memastikan keberadaan sungai yang belum dinormalisasi di wilayah Kampung Nawaripi sehingga segera dilakukan guna mengantisipasi banjir.

Mendengar penjelasan Anton, Kepala Kampung Nawaripi langsung mengajak mereka turun lapangan di Mile 21. Di lokasi setempat terdapat normalisasi sungai tepatnya di sekitar lokasi wisata Mile 21 hingga samping pagar kuning.

”MTQ

Anton menambahkan, kedepan pihaknya akan datang lagi bersama kontraktor pemenang pekerjaan. Kemudian akan menggandeng kepala kampung dan pemilik lahan.

“Tugas kami datang untuk mensurvei sekaligus mengantar pemenang pekerjaan sekaligus sama-sama bicara dengan pemilik lahan yang 100 meter itu,” kata Anton.

Disamping itu, Kepala Kampung Nawaripi menerangkan, bila BWS menormalisasi kali tersebut dengan baik dimulai dari lokasi wisata Mile 21 hingga kali besar, kurang lebih 2,5 kilo meter terebut.

Maka Nawaripi, Sempan, SP IV, dan SP1 akan bebas dari banjir.

“Kalau BWS normalisasi hingga ke sungai besar setelah Mile 21 maka Mimika bebas banjir. Selama ini semua air buangan dalam kota masuk ke Nawaripi dan setelah buka jalannya maka Mimika bebas banjir. Syukur BWS datang atasi banjir di Nawaripi dan beberapa SP kedepan,” tutupnya.