Papuaekspose, – Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Mimika Rabu (2/8/2023) menggelar pelatihan penginputan pelaporan dan pemantauan kasus malaria serta permintaan logistik obat-obatan ke sistem farmasi dengan menggunakan aplikasi SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik).

Pelatihan SMILE melibatkan puluhan tenaga kesehatan perwakilan dari 26 Puskesmas dan dua rumah sakit besar di Mimika (RSUD dan RSMM) di Hotel Horison Ultima Timika, Papua Tengah.

Kasie Pengendalian Penyakit Menular (P2M), Kamaluddin kepada Papuaekspose di sela sela pelatihan mengatakan, aplikasi SMILE berguna untuk memudahkan petugas kesehatan dalam mendistribusikan logistik, pelaporan, dan pemantauan-evaluasi.

”Selama ini sistem pelaporan dan lain-lain dilakukan secara manual. Dengan SMILE ini bisa lebih cepat dan memudahkan penyampaian informasi terkait distribusi logistik, pelaporan, pemantauan dan evaluasi,” kata Kamaluddin.

”MTQ

Aplikasi SMILE juga menurutnya, akan memudahkan petugas farmasi dalam mengontrol ketersediaan logistik malaria pada tiap Fasilitas Kesehatan (Faskes).

Melalui kegiatan pelatihan, para peserta diharapkan dapat memahami dan menerapkan di faskes masing-masing.