Papuaekspose, – Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Mimika menyelenggarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik tentang pelayanan Administrasi Kependudukan (Aminduk).

Kegiatan Disdukcapil itu dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito bertempat di Hotel Horizon Ultima Timika, Mimika Papua Tengah Jumat (14/7/2023).

“Data kependudukan menjadi hal yang sangat krusial untuk memberikan arah kebijakan yang tepat sasaran. Data harus akurat apalagi terkait dengan data kependudukan,” kata Pj Bupati Mimika dalam sambutannya.

Menurutnya, capaian pelayanan prima dari pemerintah maupun pihak swasta kepada masyarakat dapat berjalan baik dan lancar bila didukung data kependudukan yang akurat dan lengkap dari.

“Pertemuan seperti ini bukan hanya untuk uji publik apa yang sudah pemerintah lakukan, namun juga melengkapi dan perbaiki data sehingga pelayanan kepada masyarakat tanpa kendala dan maksimal kedapatan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo mengatakan, Forum Konsultasi Publik bertujuan untuk menjaring saran dan masukan terkait pelayanan Disdukcapil.

Menyoal pelayanan administrasi kependudukan, Slamet menyebut sudah 3 tahun berjalan pihaknya melakukan pelayanan bukan hanya terfokus di Kantor Disdukcapil Mimika melainkan sudah menyebar di berbagai titik termasuk di wilayah pedalaman Mimika.

“Bulan lalu (Juni 2023) kita launching (pelayanan Adminduk) di kokonao, jadi masyarakat wilayah pesisir barat bisa terlayani Aminduk disana, sehingga tidak perlu naik perahu ke timika dengan mengeluarkan biaya yang besar,” kata Kadisdukcapil

Slamet membeberkan, berdasarkan catatan Disdukcapil, jumlah penduduk saat ini di Kabupaten Mimika sebanyak 312.387 orang yang tersebar di 18 distrik, 19 kelurahan dan 133 kampung.