Papuaekspose, – Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kabupaten Mimika menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Hak Akses Pemanfaatan Data Kependudukan yang Berkelanjutan, Senin (11/09/2023) di Timika Provinsi Papua Tengah.

Rakor melibatkan beberapa OPD terkait yang mendapat hak untuk mengakses dan memanfaatkan data kependudukan diantaranya ;

Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan RSUD.

Kepala Dinas Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo mengatakan, pihaknya menargetkan 15 OPD di tahun mendatang sudah bebas mengakses, verifikasi, dan validasi data kependudukan secara langsung ke data center Dukcapil Pusat guna menunjang pelayanan publik yang lebih maksimal.

“Sekarang ini semua data sudah tersinkron menjadi satu (antar OPD terkait). OPD kedepan akan lebih mudah mengakses data kependudukan karena sudah menggunakan aplikasi,” kata Slamet.

Ditempat yang sama, Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik pada Dinas Kominfo Mimika, Spedy Paerong, menyatakan dukungan atas kolaborasi OPD dalam hal akses data kependudukan.

“Kami menyambut baik setiap OPD sudah dapat mengakses data kependudukan sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan lebih mudah bagi masyarakat,” ujarnya.

Spedy menandaskan, Dinas Kominfo Mimika akan terus mensupport pelayanan kependudukan dengan upaya menyediakan akses internet yang dibutuhkan OPD.