Papuaekspose.com, – Pemprov Papua Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Sumber Daya Mineral (Disnakertrans- ESDM) menggandeng Disnakertrans Kabupaten Mimika menggelar Pameran dan Bursa Kerja (Exhibition & Job Fair) Tahun 2023 selama tiga hari di Jalan Hasanuddin Kota Timika sejak Selasa (07/11/2023).

Kegiatan itu diketahui baru pertama dilaksanakan pasca pemekaran Provinsi Papua Tengah dan mendapat antusias ribuan pencaker di Kabupaten Mimika.

Pj Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk diwakili Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Provinsi Papua Tengah, Elisabeth Cenawatin mengatakan, Pengangguran masih menjadi masalah utama di banyak daerah, yang disebabkan oleh banyak faktor. Jika tidak diatasi, akan berdampak pada sejumlah sektor seperti perekonomian hingga keamanan.

Menurutnya, berdasarkan data ketenagakerjaan (Papua Dalam Angka tahun 2022) dari 8 kabupaten wilayah Papua Tengah, jumlah pengangguran sebanyak 14.886 orang.

”MTQ

“Yang terbanyak ada di Kabupaten Mimika sebesar 6.338 orang, disusul Kabupaten Nabire sebesar 2.752 orang. Ini memberikan gambaran bahwa jumlah pengangguran di Provinsi Papua Tengah masih tergolong tinggi,” Kata Elisabeth.

Cara mengatasi pengangguran kata dia, salah satunya melalui kegiatan bursa pasar kerja ini.

“Selain itu perlu menggalakkan kegiatan ekonomi informal, meningkatkan keterampilan tenaga kerja, meningkatkan mutu pendidikan, mendirikan pusat-pusat latihan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka program transmigrasi, memperluas lapangan kerja dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ujarnya.