Papuaekspose, – Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kabupaten Mimika bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja, Salon dan Barbershop yang ada di Kabupaten Mimika menggelar pelatihan bagi Pencari Kerja Orang Asli Papua (OAP) dan Lahir Besar Timika (LABETI) Tahun Anggaran 2023.

Pelatihan bersertifikat itu diagendakan selama sebulan kedepan dengan beberapa kategori diantaranya, Welding (Las), Barbershop (Potong Rambut), dan Salon.

Pj Sekda Mimika, Dr. Petrus Yumte, SH., M.Si mewakili PJ Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito saat membuka kegiatan tersebut Selasa (25/07/2023) di Hotel Horison Diana, Timika Papua Tengah mengatakan, tenaga kerja saat ini menjadi salah satu tantangan tersendiri di Kabupaten Mimika. Sebab, angka pencari kerja dari berbagai daerah semakin menanjak.

“Kelompok pencari kerja (Pencaker) hampir seluruh indonesia membanjiri Mimika dari waktu ke waktu,” kata Petrus

”MTQ

Karenanya, Pj Sekda menyebut, Pemerintah Daerah melalui Disnakertrans hadir sebagai fasilitator dan mensupport para pencaker di Mimika khususnya warga pribumi yakni OAP dan Labeti melalui pelatihan tersebut.

Kepala Disnakertrans Mimika Paulus Yanengga mengatakan, anggaran pelatihan itu berasal dari dana Otonomi Khusus (Otsus) Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 4.800.000.000.