Papuaekspose, – Dua Peserta Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVII 2023 Se Tanah Papua dari Kafilah Kabupaten Mimika dipastikan melaju ke STQ tingkat Nasional yang akan digelar di Provinsi Jambi dalam waktu dekat.

Kepastian itu didapat menyusul masing-masing peserta berhasil meraih Juara 1 di ajang STQ 2023 se Tanah Papua yang berlangsung sepekan dari tanggal 18-24 Juni 2023.

Kegiatan STQ 2023 Tanah Papua secara resmi telah ditutup oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, Suzana Wanggai pada Sabtu (24/06/2023) malam di Aula LPTQ Provinsi Papua, Kota Jayapura.

Dua peserta yang melaju ke STQ Nasional itu disebut sebagai modal utama LPTQ  Kabupaten Mimika dalam kesiapanya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) se Tanah Papua di 2024 mendatang.

Kedua kebanggaan Kabupaten Mimika itu bernama, Syahrul Maulana Ismail sebagai peraih Juara I Hafalan 1 Juz dan Tilawah, serta Ulfa Zakiyah merupakan peraih Juara 1 Tilawah Anak Putri.

Ketua Rombongan Kafilah Kabupaten Mimika, Syarif Lacoro kepada Papuaekspose Minggu (25/6) mengatakan, torehan juara ini menandakan tradisi juara dari Kafilah Kabupaten Mimika tetap terjaga dan mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah, tradisi juara tetap kita jaga. Saat ini ada peningkatan. Bila di tahun kemarin kita punya 1 peserta wakili papua di level nasional, kali ini kita punya dua wakil. Ini tentu kemajuan yang membanggakan kabupaten mimika,” kata Syarif.

Menurutnya, STQ 2023 merupakan pertemuan terakhir bagi Provinsi Induk dan tiga Provinsi Baru di Tanah Papua. Ajang berikutnya Mimika sudah berlaga di Provinsi Papua Tengah, dimana Nabire sebagai ibukota Provinsi.

“Ini juga merupakan persiapan kita sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ se- Tanah Papua yang akan berlangsung di Kota Timika 2024 mendatang. Alhamdulillah, kita bersyukur atas perolehan ini dan tentu menjadi modal kita kedepan,” tandasnya.

Kafilah Kabupaten Mimika selain berhasil menyumbang 2 duta untuk Tanah Papua ke ajang STQ Nasional, juga memboyong sejumlah piala di STQ 2023 se Tanah Papua diantaranya;

Juara harapan 1 Tilawah Dewasa Putra, atas nama Kamsir. Juara harapan 2 hafalan 5 Juz dan Tilawah Putra, atas nama Muhammad Farid Wajdi. Juara harapan 1 hafalan 5 Juz dan Tilawah Putri, atas nama Husnul Khotimah.

Juara harapan 1 hafalan 10 Juz Putri, atas nama Maryam. Juara harapan 1 hafalan 20 Juz Putra, atas nama Muhammad Bilal Al Habsyi. Dan juara harapan 3 hafalan 10 Juz Putra, atas nama  Muhammad Albar.