Papuaekspose.com – Gunung Srobu di Distrik Abepura, Papua bakal dijadikan sebagai situs cagar budaya milik Pemerintah Kota Jayapura, dimana komitmen itu secara tegas diucapkan Pj. Wali Kota Jayapura Frans Pekey.

Saat meninjau situs cagar budaya di Gunung Srobu, pada Ahad (12/5/2024). Ia berpesan bahwa sebagai upaya untuk melestarikan situs cagar budaya maka pihaknya akan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) untuk melindungi Gunung Srobu.

Dirinya juga mengakui situs megalitik yang ada di Gunung Srobu tidak ternilai sehingga harus dijaga dan dilestarikan, sebab ini adalah suatu kebanggaan masyarakat Papua khususnya Kota Jayapura.

“Kami akan menata kawasan ini agar bisa memberikan edukasi dan ilmu pengetahuan dan sebagai tempat wisata budaya ke depan,” katanya.

Dia menjelaskan pihaknya juga berkomitmen untuk membangun kawasan itu yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat untuk menambah ilmu pengetahuan atau nilai sejarah.

“Pemkot Jayapura bersama Pemprov Papua dan kementerian maupun instansi terkait akan bersama-sama membangun kawasan ini sehingga situs megalitik yang ada ini bisa dijaga,” katanya lagi.

Sementara Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erlina Novita Itje mengatakan situs cagar budaya Gunung Srobu sudah terbentuk sejak 1.740 tahun lalu atau sekitar IV Masehi dimana ditemukan jejak manusia masa pra sejarah akhir di Papua.

“Di sini selain jejak pemukiman kami juga menemukan lima struktur megalitik yang terhampar di sepanjang punggung bukit,” katanya.

Lima struktur megalitik tersebut yakni dua pusat pemujaan, tiga tempat penguburan. “Selain itu juga ditemukan seperti arca megalitik yang menggambarkan sudah ada struktur kepemimpinan dengan strata sosial yang sangat jelas,” pungkas dia.