Mimika  Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VI Timika dibawah naungan Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Wamena hingga kini belum melanjutkan pengerjaan proyek jalan Trans Papua ruas Timika – Wagete sepanjang 180 kilometer.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Satker VI Timika, Paimin ST.,MT kepada papuaekspose.com di ruang kerjanya Selasa (28/2).

“Sampai sekarang kita masih kegiatan pemeliharaan rutin saja. Sebetulnya kami sudah usulkan untuk kelanjutan pengaspalan tapi belum disetujui pusat,” kata Paimin.

Dijelaskan, saat ini ruas jalan Timika – Waghete sudah berhasil ditembus namun belum dilakukan pengaspalan hingga kini.

”MTQ
IMG 20230228 1307551677573846345
Kasatker Wilayah VI Timika, Paimin, ST., MT

Sebelumnya, seluruh pengerjaan proyek jalan Trans Papua pada tahun 2021 lalu terpaksa disetop karena adanya gangguan keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Proyek Trans Papua seperti di daerah Timika, Oksibil, Yahukimo, Wamena, Habema, Amugi diberhentikan total.

Targetnya saat itu hingga di tahun 2022 sudah mulai dilanjutkan pengerjaan. Namun sampai saat ini belum ada kelanjutan proyek bernilai triliunan itu.

Total anggaran BPJN Wamena untuk menyukseskan akses jalan yang menghubungkan 14 Kabupaten di Papua itu berkisar Rp1,8 triliun, namun karena terpotong pandemi COVID-19 dan lainya sehingga tercatat Rp1,6 triliun lebih.

“Saat ini kan sudah resmi ada tambahan tiga Provinsi baru termasuk Papua Tengah. Nah, sehingga jalan trans Timika – Waghete ini harus diprioritaskan. Semoga jadi atensi ke pusat supaya setujui anggaran untuk pengaspalan,” tandasnya.