Papuaekspose.com – Jawaban Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan seakan menonjok wajah Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong terkait klaim dirinya yang mengaku telah memberikan contekan pidato kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama tujuh tahun.

Betapa tidak, pasca disebut sebut namanya oleh Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka dalam debat Cawapres pada Ahad malam, 21 Januari 2024. Co-Captain Timnas AMIN ini mencuat ke publik dan seakan menyerang balik anak Presiden Jokowi dengan pengakuannya memberikan contekan kepada Presiden Jokowi.

Lantas saja orang andalan nomor satu Presiden Jokowi yaitu Luhut Binsar Pandjaitan seakan mempermalukan Tom Lembong. “Catatan itu ya, maaf ini bego juga yang ngomong itu,” ucap Luhut di kantor Kemenko Marves, Jakarta Pusat pada Jumat, 26 Januari 2024.

Luhut menjelaskan, sepanjang pengalamannya, setiap kepala negara memiliki pembantu yang memberikan catatan-catatan di belakang. Luhut mencontohkan, dalam kegiatan bilateral, deputinya pasti ada yang ikut.

”MTQ

“Sudah tugasnya untuk itu kok,” ujar Luhut.

Sebab, kata dia ada bidang yang kurang dipahami oleh seorang pimpinan.

“Jadi jangan merasa GR (gede rasa) kalau kasih contekan,” tutur Luhut.

Lebih lanjut, dia mengucapkan bukan Tom Lembong yang sering memberikan Jokowi catatan. Tapi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sebelumnya, Tom Lembong secara terbuka menceritakan pengalamannya menulis pidato dan memberikan contekan selama 7 tahun kepada Presiden Jokowi. Tom tercatat pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di kabinet Jokowi.

“Tentunya selama 7 tahun saya membuat contekan dan menulis pidato bagi ayahnya, Pak Presiden. Dan saya bisa mendeteksi sebuah rasa rindu mungkin, bahwa saya tidak lagi di situ untk memberikan masukan-masukan yang berkualitas,” ucap Tom Lembong dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @tomlembong.