Papuaekspose.com, – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Kelas II A Jayapura vonis bebas mantan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob dari perkara kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat Cessna Grand Caravan C 208 B EX dan Helikopter Airbus H 125 milik Pemkab Mimika.

Vonis bebas terdakwa Johannes Rettob berlangsung di Pengadilan Kelas IA Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (17/10/2023).

Sidang dengan agenda putusan dipimpin Hakim Ketua Thobias Benggian didampingi Hakim Anggota Linn Carol Hamadi dan Andi Matalata dihadiri kedua terdakwa Johanes Rettob dan Silvi Herawati.

Ketua Majelis Hakim, Thobias Benggian dalam amar putusannya menyatakan terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

“Terdakwa Johanes Rettob tidak terbukti secara sah, dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diuraikan dalam dakwaan subsider dan primer jaksa penuntut umum,” kata Hakim Ketua Thobias.

Terdakwa kemudian dibebaskan dari semua dakwaan jaksa penuntut umum dan memulihkan hak-hak terdakwa dalam kedudukan harkat dan martabatnya.

Putusan itu mementahkan seluruh tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang sebelumnya menuntut terdakwa Johannes Rettob 18 tahun 6 bulan kurungan penjara.