Papuaekspose.com – Olimpiade matematika tingkat Asia 2024 akan diikuti satu orang siswa SD Kalam Kudus Jayapura, Jose Nerotou setelah Pemkot Jayapura mendapat permintaan Profesor Johanes Surya.

Perlu diketahui Profesor Johanes Surya merupakan penggagas pembelajaran matematika menggunakan metode gampang, asyik dan menyenangkan (Gasing). Dirinya secara langsung meminta Pemkot Jayapura mengirim perwakilannya ke Jakarta.

Hal itu dibenarkan Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey, kepada Papuaekspose.com. Ia menjelaskan Jose Nerotou yang merupakan siswa SD Kalam Kudus Jayapura menjadi perwakilan Kota Jayapura.

“Dia (Jose) akan ditangani langsung oleh tim dari pusat dan Pemkot Jayapura terus memberikan perhatian dan pengawasan,” kata Frans Pekey di Jayapura, Kamis (11/1/2024).

Menurut Pekey, siswa Kelas IV tersebut telah diberangkatkan ke Jakarta dengan didampingi oleh Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura.

“Kami berharap dengan keberangkatan Jose mengikuti olimpiade matematika dapat memberikan semangat kepada kepada semua siswa yang lain di Papua khususnya Kota Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap siswa tersebut dapat mempersiapkan diri dengan baik dengan belajar yang tekun sehingga meraih hasil yang baik saat olimpiade.

“Kami sangat bangga ada siswa SD Kota Jayapura yang saat ini bersaing di tingkat internasional,” katanya.

Jose Nerotou merupakan salah satu siswa yang juga berkesempatan bertemu Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua pada 8 Juli 2023.