Papuaekspose.com – Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Johnny Eddizon Isir akan penuhi janjinya saat seusai konferensi pers akhir tahun 2023 di Manokwari, Minggu (31/12/2023). Dalam konferensi pers itu ia berjanji akan memberangus aktivitas penambangan emas ilegal atau tanpa izin diwilayah Papua Barat.

Terbaru pada Rabu 10 Januari 2024, Jenderal bintang dua asli Papua ini menegaskan Polda Papua Barat segera membentuk tim khusus untuk menertibkan seluruh tambang emas ilegal di daerah itu.

“Pembentukan tim khusus tersebut akan dilakukan seusai Pemilu 2024. Setelah Februari, saya bentuk tim baru kami turun ke lokasi. Kami hajar itu (tambang ilegal),” kata Kapolda Papua Barat.

Ia menegaskan maraknya aktivitas pertambangan ilegal yang terjadi di beberapa wilayah di Papua Barat harus segera dihentikan karena merusak kelestarian lingkungan.

”MTQ

Kepolisian telah menerima informasi tentang penggunaan ratusan alat berat dan bahan kimia berbahaya seperti merkuri untuk kegiatan penambangan emas ilegal.

“Kalau tambang pakai cara tradisional silakan, tapi penambang yang pakai alat berat kami hajar karena merusak alam,” tegas Kapolda Papua Barat Johnny Isir.

Ia mengajak pemerintah daerah, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda di Papua Barat untuk mengedukasi masyarakat terutama pemilik hak ulayat.

Kesadaran dan pemahaman masyarakat terutama pemilik hak ulayat, merupakan faktor penting keberhasilan dalam memberantas seluruh aktivitas pertambangan ilegal.

“Nanti masyarakat yang rasakan dampak kerusakan lingkungan akibat kegiatan tambang pakai alat berat,” jelas Kapolda Papua Barat.

Menurut Kapolda Papua Barat ini, masyarakat belum memiliki rencana pemulihan atas kerusakan alam dan lingkungan pasca-tambang sehingga diperlukan tindakan tegas penghentian seluruh kegiatan tambang tersebut.