Papuaekspose, – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mimika secara terang-terangan menolak Antonius Tapipea sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Mimika yang baru saja ditunjuk langsung oleh Bupati Mimika DR. Eltinus Omaleng SE.,MH.

Sebab, Antonius Tapipea dianggap tidak etis untuk memimpin LPPD Mimika karena tidak melalui prosedur sehingga dianggap menabrak aturan Menteri Agama (Perma) Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 8.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika Lucas Yasi, S.Ag saat jumpa Pers di Kantor Kemenag Mimika Jalan Yosudarso Timika Papua Tengah Kamis (14/9/2024) sore.

Alasan lainya menurut Lucas adalah, proses pengangkatan Antonius Tapipea tidak melalui mekanisme dan prosedur kelembagaan.

”MTQ

“Jadi, kalau mau masuk pengurus LPPD juga harus ada rekomendasi dari Kantor Agama dan melalui proses musyawarah. Kami menolak karena ini menyalahi peraturan menteri agama,” kata Kepala Kantor Kemenag Mimika, Lucas Yasi, S.Ag saat jumpa pers di ruang kerjanya Kamis (15/9/2023) sore.

Lucas mengingatkan, tiap Agama yang terdata telah memiliki lembaga kerohanian resmi nya masing-masing beserta regulasi yang ditetapkan untuk dijalani. Tak terkecuali mengenai komposisi struktur dari kelembagaan itu sendiri.

Dengan demikian, Kepala Kantor Agama Mimika itu menyatakan, Kemenag Mimika secara tegas menolak penunjukan Antonius Tapipea sebagai Ketua LPPD Mimika dan mengakui Pengurus LPPD hasil Musyawarah Daerah (Musda) IV yang diketuai oleh Johan Ade Matulessy.

Sementara itu, Ketua LPPD Mimika Johan Ade Matulessy dalam kesempatan itu mengungkapkan, dirinya diangkat sesuai prosedur kelembagaan. Sehingga penunjukan Antonius Tapipea tak dapat mematahkan masa kepemimpinannya ditengah jalan.

“Saya dipilih oleh gereja gereja yang ada di Kabupaten Mimika dan Pengurus LPPD, terus tiba tiba mau dipatahkan begini susah karena tidak melalui prosedur. Kami sah dan tetap jalan,” kata Ade.

Dia menegaskan, penunjukan Antonius Tapipea tak mengganggu program LPPD Mimika yang tengah berjalan. Salah satu diantaranya adalah saat ini pihaknya sedang melakukan audisi untuk menuju Pesparawi se-tanah Papua yang akan berlangsung di Kabupaten Keerom 2024 mendatang.

Diketahui, Bupati Mimika DR. Eltinus Omaleng, SE.,MH telah menunjuk Antonius Tapipea sebagai Ketua LPPD Kabupaten Mimika pada Kamis (14/9/2023) di Hotel Swissbel Timika, Mimika.