Papuaekspose.com, – Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor akan digelar Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Mimika pada Sabtu (16/12/2023) Pukul 06:00-10:00WIT di Jalan Cenderawasih Timika Papua Tengah, dimulai dari pertigaan Tiga Raja hingga pertigaan Diana.

Hal itu disepakati bersama melalui rapat antar mitra kegiatan CFD Kormi pada Sabtu (9/12/2023) kemarin di Sekretariat Venue Billiar SP V.

Ketua Umum KORMI Mimika John Rettob dalam rapat bersama via telepon mengatakan, Jalan Cenderawasih menjadi lokasi CFD pertama sebagai uji publik.

“Kita lakukan di sini dulu sambil menghimpun informasi dan respon dari masyarakat. Kali pertama kita uji publik dan masukan dari masyarakat. Nanti, kalau masyarakat inginkan ditempat lain baru kita pindah lokasi,” kata John.

Menurut Wabup, ada beberapa usulan lokasi CFD di Mimika yang menjadi usulan alternatif kedepan diantaranya Jalan Petrosea, Jalan Budi Utomo, dan Jalan Belibis.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) KORMI Mimika, Habel Taime menjelaskan, panggung utama CFD akan ditempatkan di depan Bank Muamalat dan Kantor Jasti Pravita, kemudian beberapa panggung kecil juga akan didirikan di depan Polres Pelayanan dan Bank BRI.

“Masyarakat Mimika hadirilah CFD yang akan dimulai pagi pukul 06.00 – 10.00WIT. CFD ini akan diisi dengan jalan sehat, senam sehat, zumba bersama, tarian bersama, atraksi kungfu tradisional, dan atraksi dari KORMI lainya,” jelas Habel.

Menurutnya, dalam kegiatan CFD nantinya dimulai dari penjemputan Ketua Umum KORMI Mimika di area bundaran Petrosea hingga panggung utama dengan menggunakan Sepeda.

Pihak panitia juga menyediakan berbagai hadiah doorprize untuk masyarakat melalui penarikan kupon nantinya.

Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Darwis dalam kesempatan itu mengatakan, dalam mendukung kelancaran CFD di Mimika, pihaknya akan melakukan pengalihan arus lalulintas di titik lokasi CFD nantinya.

“Seperti di kapsul depan polres akan kita tutup. Soal parkiran, panitia dapat berkoordinasi baik dengan Satlantas,” pungkas AKP Darwis.