Papuaekspose, – LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Kabupaten Mimika memotong dan menyalurkan 16 ekor sapi dan 12 ekor kambing pada Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Ketua Panitia Kurban 1444 Hijriah, Afdol Rozak Setiawan kepada wartawan mengatakan, jumlah di tahun ini berkurang bila dibanding tahun lalu yang tercatat 22 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

“Tahun ini hewan kurban berkurang 40 persen, sebab bertepatan dengan momen pendaftaran siswa sekolah dan sebagian jamaah yang memilih mudik lebaran ke kampung halamannya,” kata Afdhol di Masjid Miftahul Huda LDDI, Kelurahan Sempan, Mimika, Papua Tengah Kamis (29/6/2023).

Dijelaskan, Hewan Kurban itu berasal dari sumbangsih warga LDII seharga Rp497 juta untuk dibagikan kepada 4.000 warga di Kabupaten Mimika. Dengan sasaran pembagian ke 2.000 Warga LDII, 1.500 warga sekitar Masjid LDII area pemotongan hewan kurban, dan 500 gabungan dari Panitia Kurban, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Ormas Islam, hingga Media Pers.

“Kita tidak ada tambahan (Qurban) dari lain, semuanya merupakan hasil sumbangsih dari Warga LDII totalnya 497 juta rupiah dengan kisaran harga sapi 28 juta rupiah dan kambing 5juta rupiah,” ungkapnya.

Afdhol juga menyebutkan, daging kurban itu sebelum dilakukan pembagian, telah melalui proses pemeriksaan kesehatan hewan hingga dinyatakan layak untuk dikonsumsi.