Papuaekspose.com – Berkunjung ke Markas Kodam XVII/Cendrawasih, Papua kepada Prajurit TNI dan Polri, Panglima TNI Agus Subiyanto berpesan jika hingga saat ini masalah Papua belum terselesaikan dengan baik, sehingga harus memiliki konsep bagaimana penyelesaiannya, karena secara de facto dan de jure, Papua merupakan wilayah Indonesia.

“Permasalahan Papua yang belum selesai selama 62 tahun, perlu adanya konsep yang terintegratif. “Konsep ini harus terintegratif antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, tentunya perlu adanya koordinasi yang baik, disesuaikan dengan kearifan lokal seperti yang sudah disampaikan oleh Kapolda, tidak ada letusan,” tegasnya, Jumat (08/12/2023).

Panglima TNI Agus Subiyanto juga menegaskan kepada Komandan Satuan (Dansat) agar dapat melaksanakan koordinasi dengan berbagai institusi baik Polri maupun lembaga pemerintahan. “Laksanakan koordinasi yang baik, tujuannya adalah masalah Papua selesai dan masyarakat Papua sejahtera,” jelasnya.

Sementara untuk menunjang kinerja prajurit, Panglima TNI menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu telah dilaporkan kepada Presiden RI terkait kenaikan uang lauk pauk.

”MTQ