Papuaekspose.com – Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang selama ini kehadirannya sangat meresahkan membuat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berang dan berjanji akan tidak akan main-main menumpasnya.

Menurut Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, OPM sudah menciptakan teror, bahkan melakukan tindakan kekerasan kepada masyarakat maupun aparat TNI/Polri.

“Kita (TNI) tidak harus diamkan seperti itu. Dia kombatan membawa senjata, saya akan tindak tegas untuk apa yang dilakukan oleh OPM. Tidak ada negara dalam satu negara,” kata Agus dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Puspen TNI, Kamis (11/4/2024).

Agus menjelaskan, di Papua bisa saja TNI melakukan operasi yang berbeda sesuai tingkat kerawanan konflik. Menurutnya, TNI punya metode sendiri untuk menyelesaikan masalah.

“Mungkin di Papua penanganannya berbeda dengan di wilayah lain. Kita punya metode sendiri untuk penyelesaian masalah, senjata ya lawannya senjata,” tegas dia.

Kendati demikian, TNI tetap mengutamakan operasi teritorial demi merangkul masyarakat di sana.

Selama ini, lanjut Agus, TNI sudah melakukan berbagai bantuan pelayanan kepada masyarakat seperti membangun sekolah dan mengajar anak-anak.

“Tetapi selalu diganggu. Selalu diganggu. Dua hari yang lalu diganggu juga padahal kita kan memberikan bantuan pelayanan masyarakat kepada masyarakat di sana. Masa harus didiamkan?” tegas Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.