Papuaekspose, – Pengusaha asli Papua yang tergabung di Aliansi Peduli Pengusaha Papua menyambut baik Pemerintahan Indonesia dalam menetapkan dan mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 24 Tahun 2023 tentang Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua RIPPP Tahun 2022-2041 pada 17 April 2023 lalu.

RIPPP memiliki tiga misi besar pembangunan di Papua, yaitu Papua Sehat, Papua Cerdas, dan Papua Produktif.

Selain itu pada 29 Mei 2023 lalu, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin telah mengukuhkan Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) yang memiliki peran utama dalam mengawal implementasi RIPPP, sehingga dapat memastikan keberhasilan dan dampak positif dari rencana pembangunan tersebut.

Koordinator Aliansi Peduli Pengusaha Papua, Faya Alfonso Naa SE, M.Acc, Akt kepada Papuaekspose mengatakan, pengesahan RIPPP ini memberikan peluang besar di dunia usaha khusunya bagi masyarakat asli papua yang memiliki potensi berusaha di berbagai sektor, seperti pengadaan barang dan jasa pemerintah, pertanian, distribusi, pertambangan, dan sektor lainnya.

”MTQ

“Karenanya kami meminta, BP3OKP berkordinasi dan memperkuat kerjasama dengan pengusaha asli papua, memberikan bimbingan dan dukungan yang diperlukan, serta menciptakan iklim usaha yang kondusif dan berkeadilan,” kata Faya di Timika Sabtu (8/7/2023).