Papuaekspose.com – Pj Wali Kota Jayapura Frans Pekey merespon soal tunggakan beasiswa Siswa Unggul Papua (SUP) di Papua maupun Kota Jayapura. Menurutnya Gubernur dan Bupati/Wali Kota dan Kepala BPSDM se Papua telah menggelar rapat koordinasi dengan Kemendagri di Jakarta.

“Iya benar kami diantaranya Gubernur dan Bupati/Wali Kota dan Kepala BPSDM se Papua telah rapat bersama Kemendagri pada Kamis (11/1/2024) di Jakarta membahas terkait beasiswa Siswa Unggul Papua (SUP),” kata Pj Wali Kota Jayapura Frans Pekey, melansir Senin (15/1/2023).

Ia mengungkap pihak Kemendagri menekankan agar jangan sampai beasiswa Siswa Unggul Papua (SUP) ini menjadi polemik berkepanjangan dan meminta agar seluruh pemprov melakukan pembayaran tunggakan SUP tahun anggaran 2023 pada 18 Januari 2024.

“Ada beberapa hal yang menjadi pembahasan dari hasil evaluasi keberlanjutan dari program beasiswa Siswa Unggul Papua (SUP),” kata Pj Wali Kota Jayapura Frans Pekey

”MTQ

Pekey mengatakan, program beasiswa SUP kewenanganya ada ditingkat provinsi.

“Bukan di Kabupaten/Kota Itu sesuai dengan kesepakatan tanggal 23 Juli 2023, itu salah satu poinya adalah itu kewenangan ditingkat Provinsi,” ujarnya.

Dia mengatakan, dari hasil rakor tersebut untuk provinsi lainya tidak ada masalah, masing-masing pemerintah sudah mengurusnya.

Sedangkan Provinsi induk yang baru diselesaikan pada bulan Januari sampai Juni 2023 tunggakanya.

“Sementara tunggakan Juli sampai Desember 2023 belum dibayarkan. Tentu itu, jumlahnya cukup besar kurang lebih 1.000 lebih mahasiswa untuk Provinsi Papua,” ungkapnya.

Pekey mengatakan, Kemendagri telah meminta untuk harus segera menyelesaikan beawasiswa SUP kurang lebih seminggu.

“Kita juga sepakat nanti akan ada pertemuam lagi pada tanggal 18 Januari 2024. Antara Gubernur papua dan Bupati Wali Kota se provinsi Papua khusus,” ujar Pekey.

Lanjut Pekey, pertemuan itu tentu untuk membicarakan tentang skema pembiayaan. “Modelnya sharing bantuan, jadi Provinsi menanggung berapa persen kabupaten/kota menanggung berapa persen,” tandas Pj Wali Kota Jayapura.