Jayapura – Menjelang perhelatan Pemilu 2024, Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun meminta para kepala daerah di delapan kabupaten dan satu kota di provinsi Papua sama-sama menjaga stabilitas keamanan wilayah di Bumi Cenderawasih.

“KPU dalam sosialisasi tahapan Pemilu, untuk itu bagi kepala daerah siap mengikuti arahan karena ini merupakan kegiatan nasional yang harus dilaksanakan dan berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan atau hambatan,” kata Plh Gubernur Papua di Jayapura, Kamis (16/2).

Ia mengajak semua pihak harus bersama-sama menjaga stabilitas keamanan menjelang pemilu dan pilkada sehingga pesta rakyat itu bisa berjalan seperti yang diharapkan serta menghasilkan pemimpin terbaik di kabupaten, kota dan provinsi, serta presiden.

Ridwan juga menegaskan kepada aparatur sipil negara (ASN) agar tidak ikut terlibat dalam politik praktis, sebab jika ketahuan hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan memberikan sanksi.

“Saya juga imbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemprov Papua agar tidak terlibat dalam politik praktis dan tetap bekerja melayani masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat di Jayapura, Rabu, mengatakan dengan diluncurkan kirab Pemilu 2024 pada Selasa 14 Februari 2023 maka sebagai simbol tahapan Pemilu 2024 terus berjalan hingga hari pelaksanaan pemilu nanti.

“Kami sangat berharap penyelenggaraan pemilu betul-betul didukung seluruh elemen masyarakat, sebab Pemilu pada hakikatnya bukan hanya tanggung jawab KPU saja, tetapi semua pihak,” ujar dia.