Papuaekspose.com – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Provinsi Papua, didukung dua perusahaan BUMN melalui Forum Humas BUMN. Yakni Mining Industry Indonesia (MIND ID) dan PT Jamkrindo.

Kegiatan UKW bagi wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia Papua itu berlangsung selama dua hari, sejak 26-27 Januari 2024 di Fox Hotel, Jayapura, Papua.

Total sebanyak 16 peserta yang mengikuti UKW tersebut dengan rincian jenjang yakni Jenjang Muda 6 orang, madya 4 orang, dan jenjang  Utama 6 orang. Pelaksanaan UKW itu mengsusung tema: “Menciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak”.

Kegiatan UKW dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto mewakili Gubernur Papua.

”MTQ

Hadir juga Sekjend PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Wasekjend PWI Pusat Raja Parlindungan Pane, Sekretaris PWI Papua Erwin Senduk, Pejabat Sementara Ketua Papua Pegunungan Jean Bisay, perwakilan MIND ID Avindra, Perwakilan Jamkrindo Syamsul Ma’arif dan Novri Lomo, serta para penguji M. Noeh Hatumena (PWI Pusat Jakarta), Andi Faisal Syam (Sulsel), dan Abdul Munib (Papua).

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Provinsi Papua, didukung dua perusahaan BUMN
UKW PWI Pusat di Jayapura, Papua

Dalam sambutannya, Kadiskominfo Papua mengatakan bahwa Pemprov Papua sangat mendukung kegiatan UKW. Dia berharap dengan adanya UKW ini bisa meningkatkan konpetensi wartawan yang ada di Papua, sehingga bisa menjalankan tugasnya secara profesional.

“Pers itu merupakan kekuatan pilar keempat dalam mengawal demokrasi. Maka, Pers dan wartawan yang kompeten tentu sangat dibutuhkan,” kata Jeri Agus Yudianto.

Jeri menegaskan, bangsa ini sebentar lagi menghadapi pesta demokrasi yakni Pilpres dan Pileg. Ia berharap pers harus bisa menjaga pesta demokrasi itu, agar berjalan netral dan mengawalnya sampai selesai.