Papuaekspose.com – Tak ingin ketinggalan jejak dengan provinsi lain di Papua. PWI Papua Selatan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) perdana di Merauke, Senin (29/01/2024).

Dalam UKW tersebut, sebanyak 16 berpartisipasi. UKW jenjang Muda ini berlangsung dua hari yakni tanggal 29-30 Januari 2024 diadakan oleh PWI Pusat dan didukung Forum Humas BUMN yakni PT Freeport Indonesia dan Bukit Asam.

Kegiatan UKW dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan Willem da Costa mewakili Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. DR. Ir. Apolo Safanpo MT di Swiss-belHotel, Kota Merauke.

Staf Ahli Gubernur Papua Selatan, Willem Da Costa, M. Si dalam sambutannya mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada PWI atas terselenggaranya UKW di Merauke.

”MTQ

“Saya berterimakasih kepada PWI Pusat, PT Freeport, dan Bukit Asam yang mendukung acara UKW. Saya berharap UKW ini bisa meningkatkan mutu kewartawanan, khususnya di Papua Selatan,” kata Willem.

Dirinya berharap kepada insan pers yang tergabung di PWI Provinsi Papua Selatan agar saling bergandengan dan mendukung kinerja pemerintah daerah setempat.

“Saya berharap PWI dan Pemprov Papua Selatan bisa bergandengan tangan. Saya yakin suatu daerah sulit maju tanpa kehadiran jurnalis. Karena jurnalis dapat menyampaikan kebijakan pemprov ke masyarakat,” ujarnya.

Willem dalam kesempatan itu juga berharap seluruh peserta UKW bisa dinyatakan lulus dan kompeten sehingga bertugas dengan kapasitas yang lebih baik lagi dengan pembekalan dari penguji.

Di tempat yang sama, Plt Ketua PWI Provinsi Papua Selatan, Agustinus Kowo dalam laporannya pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan mengungkapkan pelaksanaan UKW di Provinsi Papua Selatan merupakan yang pertama kalinya dan dihadiri Sekretaris PWI Pusat Sayid Iskandar, Wakil Sekretaris PWI Pusat Raja Pane dan Ketua PWI Papua Hans Bisay dan sejumlah penguji.

Menurut Agustinus Kowo, pelaksanaan UKW di Merauke, Papua Selatan menjadi sejarah mengingat ini menjadi UKW yang pertama kali dilaksanakan PWI Pusat dengan menggandeng Kementerian BUMN yang di ikuti 16 wartawan media cetak dan online di Merauke dan Boven Digoel.

“UKW ini sangat penting, agar teman teman wartawan dapat memperoleh kompetensi,” kata Kowo.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah dalam sambutannya merasa bangga atas pelaksanaan UKW perdana meski PWI Papua Selatan belum dilantik.

“Ketua Umum PWI Pusat berjanji akan datang ke Merauke bulan April untuk melantik para pengurus yang terpilih,” kata Sayid.

Mantan Ketua PWI DKI Jakarta ini juga berterimakasih kepada PT Freeport Indonesia dan Bukit Asam yang telah sudi  acara UKW di Merauke.

Ia juga merasa senang sebab, para wartawan di Papua Selatan sangat antusias mengikuti UKW ini. Mereka merasa sangat beruntung mengikuti UKW guna menambah pengetahuan terkait kewartawanan.

Hadir dalam UKW itu, Sekjend PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Wakil Sekjend PWI Pusat Raja Parlindungan Pane, Ketua PWI Papua Hans Bisay, Pelaksana Tugas Ketua PWI Papua Selatan Agustinus Kowo, dan ketiga penguji UKW M. Noeh Hatumena(PWI Pusat), Andi Faisal Syam (PWI Sulsel), dan Abdul Munib (PWI Papua).

Dan tamu undangan yang hadir yakni, Kapolres Merauke AKBP I Ketut Suarnaya, Agustinus H Way (Diskominfo Pemprov Papua Selatan), Willy Afer (Kejari Merauke), dan unsur Forkopimda Papua Selatan.