Papuaekspose.com – Para pengguna knalpot brong atau racing diminta agar segera mengganti dengan knalpot standar bawaan pabrikan. Pasalnya Polri tengah gencar melakukan razia knalpot brong seantero nusantara yang kini juga menyasar ke wilayah Papua.

Hal itu dibenarkan Kabag Binops Ditlantas Polda Papua, AKBP Sam Tatiratu, menurutnya Direktorat Lalu Lintas Polda Papua mengimbau pemilik kendaraan roda dua maupun empat agar tidak menggunakan knalpot brong atau knalpot bising.

“Pengguna kendaraan yang menggunakan knalpot brong agar segera menggantikannya dengan knalpot standar. Jadi yang masih menggunakan knalpot brong agar segera mengganti dengan knalpot standar pabrik, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya,” ujar Sam, Kamis (18/1/2024).

Menurut mantan Kapolres Dogiyai ini, penggunaan knalpot racing sangat mengganggu masyarakat karena mengeluarkan suara bising dan bikin tidak nyaman.

”MTQ

Knalpot ini juga dapat membahayan pengguna jalan lain, baik pengendara maupun pejalankan kaki, bahkan pengendara itu sendiri.

“Karena knalpot brong bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi, bahkan bisa menimbulkan konflik karena suaranya keras mengganggu. Apalagi saat orang lagi ibadah, berduka atau acara yang sakral tiba-tiba ada pengendara yang melintas lalu ngegas kencang, itu bahaya sekali,” jelas Sam.

Ditegaskan Sam, penegakan hukum kepada pengguna knalpot brong terus digalakkan.