Papuaekspose, – Ribuan Umat Islam Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menghadiri pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444H yang digelar di Pelataran Graha Eme Neme Yauware, Kota Timika ibukota Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Rabu (29/6/2023) pagi.

Saking padatnya, sebagian jamaah yang hadir terpantau hanya berdiri di Pinggir Pelataran.

Pelaksanaan Ibadah Hari Raya Idul Adha 2023 itu digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika.

Ketua PHBI Mimika Laitam Gredenggo dalam sambutannya sebelum memasuki Shalat Ied mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara Ibadah Idul Adha pada 84 titik di Kabupaten Mimika.

Ketua PHBI melalui sambutan juga mengajak jamaah meneladani sifat Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail dalam berserah diri disaat menjalankan kesalehan dan ketaatan kepada Allah SWT.

“Semoga sikap Ibrahim, Ismail dan Siti Hajar dapat kita teladani sehari-hari. Mari kita hidupkan semangat berkurban bagi diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat,” tandasnya.

Jalanya pelaksanaan Shalat dan Khutbah Idul Adha 2023, Ustaz H. Nuralam bertindak sebagai Imam dan Ustaz Abdul Karim sebagai Khatib.

Dalam Khutbahnya, Ustadz Abdul Karim mengajak jamaah untuk meneladani kisah nabi Ibrahim dan Ismail dalam pengorbanan mencintai Allah SWT dengan rela mengorbankan harta, jiwa dan waktu.

“Nabi Ibrahim dan pengorbanan Nabi Ismail As dikisahkan dalam surat As-Saffat ayat 101-105. Terdapat lima sifat yang wajib diteladani oleh umat Islam dari sifat Nabi Ibrahim, pertama panca indra dipakai Nabi Ibrahim untuk mengenal Allah.

Kedua, sebagai seorang pemberani karena kebenaran. Ketiga, nabi Ibrahim menjadi sosok yang berbakti kepada kedua orang tua. Keempat, sebagai pendidik bagi anak, walaupun banyak ujian dari Allah SWT. Dan kelima, nabi Ibrahim memiliki pengorbanan yang biasa,” tandas Ustadz Karim dalam khutbahnya.