Papuaekspose, – Ribuan Warga Masyarakat Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menghadiri prosesi pemakaman tokoh besar papua yang juga mantan Presidium Dewan Papua (PDP) Thomas Beanal, BA atau lebih dikenal Tom Beanal yang wafat di Rumah Sakit Elisabeth Singapura, Senin (29/5/2023).

Prosesi pemakaman berlangsung Sabtu, (3/6/). Bermula dari serah terima jenazah dari pihak keluarga kepada perwakilan Lembaga Masyarakat Adat Amungme (Lemasa) kemudian diserahkan kepada Presidium Dewan Papua (PDP) diwakili Thaha Alhamid selanjutnya diserahkan kepada pihak keuskupan sebelum dilakukan ibadah Misa Requem (Arwah) di Gereja Katedral Tiga Raja Timika.

Jenazah Tom Beanal diberangkatkan dari persemayaman di Kapel Jhon Philip di Gedung Keuskupan Bobaigo menuju ke Katedral Tiga Raja diarak oleh ratusan masyarakat dengan berjalan kaki.

Setelah melalui prosesi ibadah gereja dan pelepasan, Jenazah Tom Beanal kemudian dibawa menuju Mile 32 Timika untuk dikuburkan.

PSX 20230603 231850

Selama prosesi pemakaman berlangsung dijaga ketat aparat keamanan TNI-POLRI.

Almarhum Thomas Beanal, BA  lahir 11 Juli 1947 di Tsinga, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Almarhum dikaruniai 5 anak dan 14 cucu.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Mimika dalam sambutannya di sidang perkabungan mengakui Tom Beanal merupakan sosok pejuang dan dan tokoh besar yang dimiliki rakyat se tanah Papua.

“Bapak Tom memang orang hebat, beliau adalah orang besar. Beliau pejuang keadilan, pejuang HAM, dan pejuang kesejahteraan rakyat papua tapi dilakukan dengan kedamaian dan penuh kasih,” terang Rettob.

Plt Bupati Mimika, Jhon Rettob menyebut, semasa hidupnya, Almarhum Thom Beanal yang merupakan eks Komisaris PT Freeport Indonesia ini juga pernah menjelma sebagai guru dan tokoh agama hingga melahirkan banyak generasi yang beriman termasuk dirinya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten mimika, mengucapkan banyak terimakasih kasih untuk bapak tom atas jasanya. Dan untuk keluarga semoga diberi kekuatan dan ketabahan,” tandasnya. (Red)