Papuaekspose.com, – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Papua Tengah menerbitkan Surat Edaran (SE) dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah yang tersisa lebih dari sepekan lagi.

Surat Edaran dengan No: 007/MUI-MMK/III/2023 itu berisikan 10 Poin tentang panduan penyelenggaraan ibadah Ramadhan sekaligus hari raya Idul Fitri 1444H ditandatangani Ketua MUI Mimika H. Muhammad Amin AR dan Sekretaris Abdul Syakir tertanggal 12 Maret 2023.

Dari sepuluh point yang diedarkan, salah satu diantaranya meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika menertibkan kembali tempat hiburan malam (THM).

Berikut petikan 10 poin dari Surat Edaran tersebut,

1. Dalam rangka mengawali ibadah Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1444H,
Ummat Islam mengikuti keputusan Pemerintah melalui sidang Isbath
yang didahului konsultasi dengan MUI dengan mendengar pandangan ormas-ormas Islam dan Instansi terkait berdasarkan fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah.

2. Untuk ketepatan waktu sholat dan berbuka puasa di area Kabupaten Mimika, disarankan mengecek di website milik MUI Mimika yakni www.mimikamuslim.com.

3. Ummat Islam dihimbau untuk mensyi’arkan bulan ramadhan dengan
berbagai ibadah, seperti sholat tarawih, tadarrus al-quran, mengikuti ceramah ramadhan dan kultum shubuh, i’tikaf, qiyamul al-lail, serta memperbanyak ibadah, istighfar, dzikir, sholawat dan senantiasa berdoa kepada Allah Swt agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari berbagai musibah dan bencana (daf’ul al-bala’).

4. Untuk kepentingan perwujudan kekebalan kelompok (heard immunity)
atau keberangkatan haji dan umrah boleh melakukan vaksinasi.

5. Untuk meningkatkan kepedulian sosial, ummat Islam di himbau untuk memperbanyak infak, sedekah, dan berbagi ta’jil berbuka puasa.

6. Agar zakat fitrah dan zakat mal dapat di manfaatkan lebih optimal, setiap muslim yang terkena kewajiban zakat, Boleh menunaikan zakat fitrah dan menyalurkannya sejak awal Ramadhan tanpa harus menunggu malam Idul Fitri dan zakat mal boleh ditunaikan dan
disalurkan lebih cepat (ta’jil al-zakah) tanpa harus menunggu satu tahun penuh (hawalah al-haul) apabila telah mencapai nisab.

7. Kepada seluruh DKM Masjid, Musholla, Ormas Islam, Instansi
Pemerintah, TNI, POLRI, BUMN, BUMD, Lintas Agama untuk memasang spanduk, player atau banner ucapan “SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1444H/2023M di kantor masing-masing atau di
media online.

8. Kepada pihak Kepolisian untuk menindak tegas pengguna Knalpot karena menganggu ketertiban umum dan kekhusyukan
ummat Islam dalam menunaikan ibadah di bulan suci ramadhan.

9. Kepada Pemda Mimika untuk menertibkan Tempat Hiburan Malam (THM).

10. Umat Islam dihimbau untuk mensyiarkan malam Idul Fitri dengan takbir, tahmid, dan tahlil menyeruh keagungan Allah Swt, mulai dari tenggelamnya matahari diakhir ramadhan hingga menjelang dilaksanakannya sholat Idul Fitri 1444H.
Demikian surat edaran ini disampaikan untuk dipedomani.