Papuaekspose.com, – Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Donny Charles Go membantah adanya pemberitaan dari media asing yang menyebutkan TNI-POLRI melakukan penyergapan terhadap Kelompok Kiriman Bersenjata (KKB) dalam upaya penyelamatan Pilot Susi Air, Kapten Philip Marhtens.

Pilot Susi Air, Kapten Philip Marthens asal Selandia Baru diketahui disandera usai pesawatnya dibakar pasukan KKB Kelompok Egianus Kogoya di Bandara Paro (perintis) hampir dua bulan berjalan tepatnya pada 7 Februari 2023 lalu.

Bantahan penyergapan TNI-POLRI terhadap KKB ditegaskan Kombes Donny melalui siaran pers yang diterima papuaekspose com, Minggu (2/4/2023).

“Informasi tentang penyergapan ke kelompok KKB terkait kapten Philip tidak benar adanya. TNI-POLRI masih melakukan upaya pencarian pilot dengan cara dialog,” tegas Kombes Donny.

Bahkan menurutnya, aparat TNI-POLRI hingga kini masih melakukan penelusuran lokasi tempat penyanderaan terhadap Kapten Philip.

Sebelumnya, Media Selandia Baru mengabarkan TNI-Polri melakukan penyerangan ke KKB yang menyandera Phillip. Serangan itu membuat jatuh korban di kedua belah pihak.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023 menjelaskan, penyergapan itu tak terkait dengan penyanderaan Kapten Philip, melainkan pengejaran terhadap pelaku pembunuhan tukang ojek di Distrik Kimak Kab. Puncak pada (22/03) dan pelaku penyerangan yang menewaskan 2 personil TNI-POLRI di distrik Ilu Kabupaten Puncak Jaya pada (25/03).