Papuaekspose, – Satu Kapal Nelayan bermesin dompeng berpenumpang 3 orang dilaporkan tenggelam di perairan Muara Portsite, Mimika Provinsi Papua Tengah pada Minggu 9 Juli 2023.

Tiga penumpang sebagai nelayan itu bernama, Antho (30), Punding (30), dan Syamsudin (33).

Diketahui, 1 dari 3 orang penumpang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh nelayan lain. Sementara dua penumpang lainya masih dalam pencarian tim SAR Gabungan.

Korban yang ditemukan selamat bernama Antho (30) sedangkan Punding (30), dan Syamsudin (33) masih belum diketahui nasib dan keberadaanya.

Plh. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Enos Paung Allo, S.Kom melalui keterangan pers tertulis yang diterima Papuaekspose mengatakan, setelah mendapatkan laporan tenggelamnya kapal nelayan itu, tim SAR gabungan langsung diterjunkan melakukan operasi pencarian dengan menggunakan 1 unit RIB 400PK dan 2 unit Perahu Karet15 PK.

Mereka menyisir perairan dangkal pesisir Pantai Timika yang adalah lokasi tenggelamnya kapal tersebut.

Operas pencarian tim SAR gabungan dilakukan hingga Minggu (9/7) sore belum membuahkan hasil. Sehingga dilanjutkan Senin (10/7) pagi ini.

”Tim SAR gabungan telah melakukan penyisiran dari muara Porsite hingga Muara Ipaya dengan jarak 12 Nml dari daratan tapi belum membuahkan hasil hingga Minggu Pukul 18.00WIT,” kata Plh. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Enos Paung Allo.

Karenanya, pencarian akan dilanjutkan Senin (0/7) pagi pukul 06:00 dengan area pencarian sesuai SARMAP Prediction yang di kirim oleh Basarnas Command Center.