Papuaekspose.com – Seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Mimika mulai digelar secara terbuka di Hotel Horison Ultima Jalan Hasanuddin Timika, Selasa (16/4/2024) pagi.

Tercatat ada empat orang calon yang mendaftar dan mengikuti proses seleksi panglima ASN di Kabupaten Mimika. Mereka diantaranya adalah Staf Ahli Pemprov Papua Selatan sekaligus Pj Bupati Mappi, Michael Gomar, Kepala Bappeda Mimika, Yohana Paliling, Kepala Dinas PTSP Mimika, Abraham Kateyau, dan Kepala Dinas Satpol PP Mimika, Rony Marjen.

Pj Sekda Mimika, Dr. Ida Wahyuni, saat membuka secara resmi kegiatan itu berharap agar proses seleksi dilaksanakan secara profesional demi melahirkan Sekda Mimika definitif yang betul betul menjalankan tugas pokok yang penuh tanggungjawab.

Ida dalam kesempatan itu juga mengapresiasi kinerja BKPSDM Mimika yang tengah menyelenggarakan proses seleksi Sekda Mimika definitif.

Ditempat yang sama, Kepala BKPSDM Mimika, Evert Hindom menjelaskan, proses seleksi akan dilakukan dalam berberapa tahapan.

“Termasuk wawancara dan rekam jejak para peserta. Tim seleksi nantinya akan melakukan penilaian selama lima hari dan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya,” jelas Evert.

Menurutnya, berdasarkan jadwal yang telah ditentukan maka hasil seleksi Sekda Mimika definitif akan disetor ke KASN pada tanggal 26 April mendatang.

Selanjutnya KASN akan merekomendasi pelantikan Sekda definitif yang terpilih. “Kami akan menyampaikan ke Kementerian Dalam Negeri bahwa ini hasil seleksi terbuka untuk dilakukan pelantikan terhadap Sekda definitif yang dipilih,” pungkasnya.

Adapun Tim seleksi terdiri dari beberapa pihak, diantaranya adalah, Ketua Tim Pansel berasal dari Sekda Provinsi Papua Tengah. Anggota tim meliputi Kepala BKN Regional IX Jayapura, Inspektur Papua Tengah, serta dua akademisi, satu dari Universitas Cenderawasih dan satu dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).