Papuaekspose.com, – Dinkes Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar kegiatan On Job Training Pengelola Sistem Informasi Surveilans Malaria (SISMAL) Versi 3. Kegiatan diikuti petugas medis terkait penyakit malaria se Kabupaten Mimika berlangsung dua hari terhitung 12-13 April 2023 berempat di Grand Tembaga Hotel, Jalan Yossudarso, Timika.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu tersosialisasinya e-Sismal versi 3 di seluruh Kabupaten Mimika guna menunjang pencatatan dan pelaporan kasus malaria secara lengkap, tepat dan benar.

SISMAL V.3 paket real time dengan sistem online dan offline yang akan lebih memberikan hasil analisis yang lebih spesifik dan tepat serta kewaspadaan dini dalam peningkatan kasus malaria di daerah.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Kamaludin mengatakan, jumlah kasus malaria di Kabupaten Mimika tercatat per 2022 sebanyak 132ribu kasus. Sementara per Februari 2023 terdeteksi 23 ribu kasus dari 64 ribu orang yang diperiksa.

“Kita kasus malaria masih tinggi. Target deteksi dari WHO kita sudah lebih dari 50persen. Saat ini kita berupaya untuk mengendalikan kasus malaria ini,” kata Kamaludin kepada Papuekspose.com di Timika Kamis (13/4/2023).

Ia juga berpesan agar masyarakat bila mengalami gejala sakit supaya segera mungkin memeriksa diri di puskesmas atau rumah terdekat guna mengetahui secara pasti penyakit yang diderita.

“Malaria ini harus dideteksi secepat mungkin. Kalaupun sudah terdeteksi harap minum obatnya secara tuntas” kata Kamaludin.

Ia menuturkan, selain menjaga pola makan, warga juga diminta menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Selain itu menggunakan kelambu yang dibagikan saat tidur guna terhindar dari gigitan nyamuk,” tandasnya.