Papuaekspose, – Pengaktifan kembali DR. Eltinus Omaleng, SE, MH sebagai Bupati Mimika sekaligus Pemberhentian Penjabat Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito yang kemudian dilakukan Serahterima Jabatan (Sertijab) di Graha Emeneme Senin (4/9/2023). Momentum Sertijab yang dipimpin Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk itu dianggap menepis isu miring soal kehadiran Valentinus S Sumito sebagai Pj Bupati di Kabupaten Mimika.

Mantan Pj Bupati Mimika Valentinus S Sumito dalam sambutannya menegaskan, Sertijab Bupati Mimika itu menunjukkan kehadiran dirinya sebagai Pj Bupati Mimika selama dua setengah bulan tidak beralasan.

“Moment Sertijab ini menjadi kesempatan yang sangat luar biasa. Menunjukkan kepada semua bahwa apa yang dipermasalahkan di dua setengah bulan yang lalu tentang kehadiran saya di Timika itu tidak beralasan. Bahwa, Pj Bupati dihadirkan hanya untuk kepentingan orang tertentu dan hari ini terjawab,” kata Valentinus yang kini menjabat Direktur Penataan Daerah Otonomi dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah Kemendagri.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. Dr. Muhammad Tito Karnavian menyebut kata Valentinus, dinamika yang terjadi di Papua Tengah khususnya lingkup Kabupaten Mimika adalah bagian dari proses pemerintahan yang harus dijalani.

”MTQ

“Kemarin Pa Eltinus di nonaktifkan sementara, itu karena ada hal yang harus diselesaikan. Kemudian menunjukan Johannes Rettob dan beliau harus menyelesaikan sedikit permasalahan. Kemudian saya dapat kesempatan  menggantikan sementara untuk menjalankan roda pemerintahan,” terangnya.

Eks Pj Sekda Papua Tengah itu kemudian menyampaikan terimakasih atas kerja sama yang dibangun selama dirinya menjabat Pj Bupati Mimika.

“Saya pikir teman-teman (Sekda dan Kepala OPD) kemarin keteteran hadapi saya, karena saya memang berusaha berlari kencang. Tetapi ternyata seluruhnya sangat luar biasa atas dukungannya,” ujar Valent.

Menurutnya, dengan diaktifkan serta diserahkan kembali Eltinus Omaleng dalam jabatanya sebagai Bupati Mimika akan menambah dinamika ke arah yang lebih di Kabupaten Mimika.

“Saya yakin, kehadiran Pa Bupati saat ini, dinamikanya akan semakin naik, dan pasti beliau memimpin akan jauh lebih baik,” tuturnya.

Didalam kesempatan itu, Valentinus menitipkan pesan kepada Bupati Eltinus bahwa terdapat beberapa program yang telah dicanangkan dan dimasukkan didalam pembahasan APBD perubahan 2023.

Program itu berkaitan dengan program padat karya di tingkat Distrik, penambahan anggaran honorarium Guru dan masalah Pipanisasi.

“Itu (program) juga menambahkan apa yang sudah bapak lakukan sebelumnya. Tapi itu semua kembali kepada Pa Bupati yang nantinya berproses dengan DPRD Mimika,” tutupnya.