Papuaekspose.com –  Viral di medsos sebuah video yang memperlihatkan bus malam bertuliskan rute Banda Aceh-Papua. Kehadiran bus tersebut membuat heboh warganet. Bus ini mengundang perhatian netizen setelah dibagikan akun Instagram Riau Folk. “Ada yg pernah naik bus ini wak?????,” tulis akun tersebut.

Dalam video terlihat di belakang bus berkelir cokelat tersebut tertera tulisan Banda Aceh-Papua. Sementara di tulisan kaca terdapat kata-kata mutiara, “Harta bukanlah dibawa untuk mati”. Entah hanya iseng atau bukan, faktanya saat ini rute bus terjauh dimiliki PO Antar Lintas Sumatera (ALS).

PO bus asal Mandailing, Sumatera Utara itu memiliki trayek Medan-Jember dengan jarak sekitar 3.000 km. Perjalanan bus ini memakan waktu seminggu lebih.

Namun jika benar ada bus dengan trayek Banda Aceh-Papua, ini menjadi rute bus terjauh di Indonesia, bahkan dunia. Jika dilihat di peta dalam garis lurus jarak Banda Aceh-Papua mencapai sekitar 5.121 kilometer.

”MTQ

Apabila melihat jalan di Indonesia yang terpisah banyak pulau, jarak kedua wilayah ini bisa lebih jauh. Mungkin perjalanan bisa mencapai sebulan.

Tak heran, kehadiran bus ini mengundang beragam komentar dari netizen. Rata-rata mereka tidak bisa membayangkan bagaimana lama dan jauhnya perjalanan yang harus dilalui penumpang.

“Turun-turun penumpangnya udah berasa jadi keluarga,” kata @falkhr***.

“Rill “dari sabang sampai Merauke,” ujar @reno***.