Papuaekspose.com – Tengah viral di aplikasi media sosila TikTok Ditjen Pajak yang memiliki wewenang untuk mengetahui isi rekening tabungan nasabah, meskipun dana tersebut tidak ditransaksikan. Kemampuan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam mengakses data rekening bank nasabah menjadi pertanyaan netizen.

Aturan ini ditegaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 19 Tahun 2018, yang merupakan revisi dari PMK Nomor 70 Tahun 2017.

Peraturan tersebut dapat memberikan Ditjen Pajak akses kepada informasi keuangan untuk tujuan perpajakan, yang diperoleh dari lembaga jasa keuangan.

Menurut aturan yang berlaku, laporan informasi keuangan ke Direktorat Jenderal Pajak mencakup identitas pemegang rekening, nomor rekening, saldo atau nilai rekening, dan penghasilan terkait.

”MTQ

Untuk individu, kewajiban melapor ini berlaku jika saldo atau nilai rekening minimal Rp1 miliar, atau nilai setara dalam mata uang asing. Sementara itu, bagi rekening yang dipegang oleh entitas, tidak ada batasan saldo atau nilai rekening.