Papuaekspose.com –  Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun yang turut menjadi korban kerusuhan amukan oknum massa penjemputan jenazah eks Gubernur Papua, Lukas Enembe pada Kamis 28 Desember 2023, diberangkatkan ke Jakarta guna jalani pengobatan lebih lanjut.

Hal ini dibenarkan Kapolda Papua Inspektur Jenderal Mathius D. Fakhiri yang menyebut jika kondisi terkini Gubernur Ridwan dinyatakan stabil, namun akan menjalani pengobatan lebih lanjut di Jakarta.

Pihaknya pun menyayangkan terjadinya sejumlah insiden saat pelaksanaan penjemputan Jenazah Lukas Enembe.

“Kejadian tersebut terjadi di beberapa wilayah, seperti di depan STAKIN (Sekolah Teologia Atas Injili) dan beberapa titik lokasi lainnya. Terdapat 14 korban luka, termasuk Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, 8 aparat keamanan, dan 5 warga masyarakat,” kata Mathius D. Fakhiri dalam siaran pers diterima, Kamis malam 28 Desember 2023.

”MTQ

Selain itu, Polda Papua mencatat ada 1 mobil yang dibakar, 5 kendaraan rusak berat, 3 bangunan dan sekitar 25 perumahan mengalami kerusakan serta pembakaran.

“Hingga saat ini, total kerugian masih dalam tahap penghitungan,” ucapnya.

Mathius menyampaikan bahwa hingga saat ini massa penjemput masih melakukan perjalanan ke kediaman almarhum Lukas Enembe yang terletak di Koya Tengah. Kepolisian, kata dia, terus melakukan pengawalan terhadap massa tersebut. Namun, ia mengekspresikan kekecewaannya terhadap insiden tersebut.