Papuaekspose.com – Media asing mulai menyoroti Capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang mengumumkan pihaknya akan mendaftarkan gugatan ke  Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil pemilihan presiden 2024.

Anies yang memang merasa betul-betul terdampak atas dugaan kecurangan di Pilpres 2024 tak tinggal diam. Media Asing yang berkantor pusat di London, Reuters, menulis langkah Anies ini dalam artikel berjudul “Indonesia’s Anies Plans to Contest Election Results in Top Court.”

Dalam artikel itu, Reuters menyoroti rencana Anies mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Anies, mantan Gubernur Jakarta, berencana mengajukan pengaduan setelah hasil resmi diumumkan tetapi tidak memberikan rincian lainnya. Langkah ini dilakukan ketika partai-partai pendukung Anies dan (Ganjar) Pranowo bersiap meluncurkan penyelidikan parlemen terhadap perilaku pemerintah menjelang hari pemungutan suara dan dugaan pelanggaran pemilu,” tulis Reuters yang terbit pada Rabu, 13 Maret 2024.

Media Asing lainnya adalah The Diplomat dalam artikel berjudul “Indonesia’s Anies Baswedan To File Election Complaint at Constitutional Court.” Media ini juga mengulas rencana Anies ke Mahkamah Konstitusi dan menyoroti negara yang tidak netral dalam Pemilu 14 Februari 2024.