Papuaekspose.com, – Dalam catatan sejarah, peran pemuda sangat krusial dalam penentuan arah dan tatanan perubahan bangsa. Pemuda harus memiliki spirit yang membara dalam mendorong sebuah perubahan. Bung Karno dalam kutipannya menyampaikan sebuah pesan membara tentang pemuda yakni,

“Berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”.

Tahun 1928 Pemuda berkumpul dan mendeklarasikan sebuah sumpah yang kemudian kita kenal dengan sumpah pemuda. Tahun 1945, lagi-lagi anak muda mendorong gebrakan, Bung Karno dan Bung Hatta diculik agar segera mempercepat memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Kemudian berlanjut, bangsa ini dipimipin oleh oleh seorang pemimpin dalam kurun waktu 32 Tahun, anak muda kembali melakukan gebrakannya dan melahirkan Reformasi sebagai wujud kemenangan dan kedaulatan ada pada tangan rakyat atau yang kita kenal dengan Demokrasi.

Sekilas perjalanan panjang sejarah bangsa membuktikan bahwa anak muda selalu memiliki andil besar dalam mewujudkan tatanan dan perubahan signifikan bagi kemajuan berbangsa dan bernegara. Kemudian muncul pertanyaan terbaru, bagiamana dengan peran pemuda hari ini dengan potensi dan tantangan yang akan diperhadapkan?

”MTQ

Salah satu diantaranya adalah dalam menghadapi pesta rakyat lima tahunan atau Pemilihan Umum (Pemilu) yang sudah mulai berlangsung saat ini.

Data yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) , dari total 204.807.222 jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terdapat 56,45% didominasi oleh generasi milenial dan generasi z.

Generasi milenial adalah sebutan untuk orang yang lahir pada 1980 hingga 1994. Sebanyak 66.822.389 atau 33,60% pemilih dari generasi milenial. Sedangkan generasi Z merujuk pada orang yang lahir mulai 1995 hingga 2000-an. Sebanyak 46.800.161 atau 22,8% pemilih dari generasi z.

Jika diakumulasikan, total pemilih dari kelompok generasi milenial dan generasi Z berjumlah lebih dari 113 juta pemilih atau sebanyak 56,45% dari total keseluruhan pemilih. Dengan potensi tersebut, lantas bagaimana anak muda memainkan perannya dalam mewujudkan demokrasi yang aman, damai dan melahirkan pemimpin yang sesuai harapan rakyat.

Mimika dan Populasi Anak Muda ;

Terlepas dari komposisi usia muda yang mendominasi jumlah pemilih secara nasional, pun demikian dengan Kabupaten Mimika. Jumlah penduduk sesuai hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika sebanyak 311.969 jiwa, terdapat 29% didominasi oleh generasi Milenial dan diikuti 25 % oleh generasi Z sedangkan  post generasi Z sebanyak 21 persen, generasi X 19 persen, baby boomer sebesar 5 persen, dan pre boomer 1 persen.